Sabtu, 03 Mei 2008

UTS Matakuliah Java

Insya Allah besok siang jam 13.00 WIB Ujian Tengah Semester untuk matakuliah Bahasa Pemrograman IV dilaksanakan. Mahasiswa saat ini seharusnya mempersiapkan diri. Ya, mempersiapkan bantal dan gulingnya.....Bukankah sudah larut malam ?

Soal sudah saya kirim via email. Besok saya berharap tidak ada praktek perjokian. Karena memang saya lihat di antara mahasiswa tidak ada yang bakat jadi joki.
Seperti biasa, ujian matakuliah pemrograman saya memperbolehkan buka buku. Karena sifatnya open book. Percuma saja diterapkan closed book, toh dengan kecanggihan mereka, mereka bisa meng-crack atau hack jawaban tetangganya? Pada saat terpantau proses hacking itu, dengan polos dan wajah yang menyiratkan "tidak terjadi suatu apa pun" mereka merasa tidak melakukan apa-apa.
Saya khawatir, jika ada kecurangan dalam proses ujian itu, dan terdeteksi oleh scanner saya......
Saya khawatir mereka akan terdelete dalam daftar matakuliah ini. Saya khawatir setelah ter-delete nama mereka dalam list tersebut, datanya tidak bisa di-recovery lagi.
Itulah kekhawatiran saya......
Baru saja saya chek email, belum ada satu pun mahasiswa yang mengirimkan program buatannya. Sepertinya mereka berniat ikut ujian tertulis semua.
Mungkin ada baiknya kalau UTS Java dilakukan dengan sistem wawancara. Pertanyaan pertama : ''Apa yang anda ketahui tentang Java "? Satu orang mungkin menjawab : Java adalah bahasa Inggris dari Jawa !

Ya, jawaban itu benar. Karena sebatas itulah yang dia ketahui tentang Java. Saya kan nggak mencari tahu kebenaran faktanya, tapi sekedar bertanya tentang sejauh mana pengetahuannya.

Setelah ujian ini, Insya Allah minggu depan masing-masing kelompok akan mempresentasikan garapan program kelompoknya. Saya akan pilih anggota kelompok yang paling cemerlang untuk menjadi wakil kelompok. Saking cemerlangnya, bisa jadi mahasiswa tsb tidak pernah terlihat di kelas. Atau terlihat, namun sewaktu-waktu.............Sewaktu sempat, sewaktu tidur, sewaktu ijin ke belakang, dan semisalnya. Kita tunggu saja........

6 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Terimakasih

Anonim mengatakan...

Assalam Mualaikum wr.wb

Bisa Menerima Konsultasi gak pak....?
sebab saya mengenal bapak mulai DI STTNJ hingga sekarang


Thanks.......

Ganspalae Athisa [dot] com mengatakan...

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarkatuh.
Terima Kasih atas nilainya mungkin dengan nilai itu saya akan lebih giat belajar dan mendalami java.
kalau boleh ngasi' saran tolong websitenya dipercantik biar betah para pengunjungnya.
Didik Wahyudi
wassalamualaikum warahmatullahi wabar katuh

Unknown mengatakan...

assalamualaikum wr. wb.
makasih pak nilainya. pak saya pengen tahu dengan program jenis apa kita bisa buat sebuah komunikasi antar komputer melalui protokol IP/TCP misalkan untuk chatting antar komputer tetapi benar - benar cantik.
dan handal. tidak sesederhana dengan menggunakan administrator panel di windows.
Mohon saran pak.
wassalamualaikum wr. wb.

Sindhu Suji D.W
Putrane Pak Poerwoadji Moelyono
"Salam dari bapak"

hudaya mengatakan...

Waalaikumussalaam warahmatullaahi wabarokaatuh....

'Alaika wa alaihis salaam.... (Salam juga untuk Bapak).

Saya nggak begitu suka chatting. Tapi teman-teman di kantor banyak yang suka chatting. Kebetulan, di kantor saya -sekretariat UPPKH Kab- ada beberapa rekan dari Cirebon yang suka chatting dengan teman-temannya di Kab lain. Mereka biasa pakai software TONIC. Bisa didownload dari internet kok. Sepintas saya lihat, softwarenya cukup bagus. Kantor saya terhubung dalam sebuah WAN sehingga protocolnya pakai TCP/IP.
Silakan dicoba.....
Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarokaatuh......