Jumat, 28 Januari 2011

Tugas Kelompok Matakuliah Python

Ketentuan Tugas Kelompok Matakuliah Python adalah sebagai berikut :

1. Tiap Kelompok membuat sebuah file presentasi powerpoint yang merupakan rangkuman dari beberapa referensi yang mereka pelajari.
2. Topik materi yang dibahas boleh memilih salah satu dari dua pilihan:
a. Object Oriented Programming pada Python.
b. Mobile Programming pada Python
3. Tiap kelompok boleh membahas topik yang sama, namun detail penjelasan yang disajikan tidak boleh sama.
4. Tiap kelompok maksimal terdiri dari 5 orang, boleh beda kelas. Dalam satu kelompok tidak boleh bercampur antara putra dengan putri,
5. Tugas dikirim dalam bentuk file via email ke sabiqhudaya@gmail.com paling lambat hari Jumat tanggal 4 Februari 2011 pada jam 14.00 WIB. Cukup satu file yang dikirim dan di dalamnya harus dituliskan NIM, Nama-nama anggota kelompok, serta kelas masing-masing (jika anggota kelompok berasal dari kelas yang berbeda).
6. File yang dikirim tidak boleh file yang sudah ada di internet. Tiap kelompok harus menyusun sendiri powerpoint tersebut. File adalah hasil karya mereka sendiri yang disusun berdasarkan referensi yang didapatkan.

Contoh Hasil Pekerjaan Mendapatkan Nilai Baik bila :
1. Sistematika Pembahasan runtut, sistematis, dan mudah dicerna
2. Menggunakan bahasa penyampaian yang baik dan mudah dimengerti.
3. Desain powerpoint yang menarik.
4. Pembahasan cukup lengkap untuk sub topik tertentu.
5. Di akhir tulisan disertakan referensi/ daftar pustaka yang berasal dari buku atau internet

Contoh Sub Topik tentang Object Oriented Programming pada Python:
1. Apa yang dimaksud Object Oriented Programming?
2. Apa perbedaan Object Oriented dengan Prosedural?
3. Bagaimana penerapan Object Oriented pada Python untuk:
a. Encapsulation
b. Inheritance (pewarisan)
c. Polymorphisme
disertakan contoh coding dalam python

Contoh Sub Topik tentang Mobile Programming pada Python:
1. Tools/ software tambahan yang digunakan pada platform/ jenis HP tertentu.
2. Langkah-langkah menggunakan emulator dan menjalankannya pada PC
3. Contoh tutorial step by step untuk membangun sebuah aplikasi python pada HP.

Hal-hal yang disarankan :
Tiap kelompok setelah anggotanya ditentukan, membagi tugas untuk membaca dan memperbanyak referensi tentang topik tertentu. Misal si A membaca ttg Inheritance, si B tentang Polymorphisme, kemudian ditentukan waktu bagi kelompok tersebut untuk bertemu dan bersama-sama menyusun menjadi satu file presentasi.

Catatan Tambahan :

Kisi-kisi UAS untuk tanggal 3 Februari 2011: Akses ke Database (Simpan, Edit, Hapus) untuk tipe data String, Integer, dan Date, ListCtrl, DateTimePicker, Menu, dan Cetak ke Excel.


Untuk menambah nilai UAS, mahasiswa dari kelas manapun boleh (tidak harus) mengumpulkan tugas tambahan perorangan berupa satu contoh program jadi dengan python. Program tersebut harus memiliki : Menu, Akses ke Database, ada penggunaan ListCtrl dan bisa cetak ke Excel. Dikumpulkan dalam bentuk CD, lebih baik juga kalau disertakan printout listing programnya. Program Aplikasi yang dibuat tidak boleh sama dengan contoh kasus yang sudah pernah dibahas di kuliah seperti : Aplikasi Kamus, Penggajian, Penjualan, Pembayaran SPP, dan Perpustakaan. Namun, jika aturan dalam contoh kasus berbeda, maka tidak mengapa. Contoh: (i) yang sudah dibahas adalah pembayaran SPP utk SMA, sedangkan kasus yang dibuat adalah pembayaran SPP untuk Perguruan Tinggi. (ii) yang sudah dibahas adalah penjualan tunai, sedangkan kasus yang dibuat adalah penjualan kredit. Tugas ini dikumpulkan paling lambat hari Kamis, 3 Februari 2011 jam 10.00 WIB di lab 3.

Tidak ada komentar: